Asap Kendaraan dan Pabrik Penyebab Kerusakan

November 15, 2008 at 11:44 am Leave a comment

Sadarkah anda, bahwa suhu bumi beberapa tahun terakhir ini semakin penas? Hal ini disebabkan karena semakin banyaknya carbon dioxide (CO2) berterbangan di udara. Banyaknya CO2 diudara dikarenakan terlalu banyak kendaraan bermotor dan pabrik berbahan bakar fosil yang mengeluarkan CO2 dari setiap aktivitas yang dilakukan oleh  kendaraan kendaraan bermotor dan pabrik tersebut.

Banyaknya CO2 selian meningkatkan suhu di bumi (pemanasan global), juga dapat mengurangi daya pikir seseorang dan ganguan pernafasan. Berikut penjelasannya:


globwarm_ttlSuhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir. Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyimpulkan bahwa, “sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia”[1] melalui efek rumah kaca. Kesimpulan dasar ini telah dikemukakan oleh setidaknya 30 badan ilmiah dan akademik, termasuk semua akademi sains nasional dari negara-negara G8. Akan tetapi, masih terdapat beberapa ilmuwan yang tidak setuju dengan beberapa kesimpulan yang dikemukakan IPCC tersebut.

Model iklim yang dijadikan acuan oleh projek IPCC menunjukkan suhu permukaan global akan meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.[1] Perbedaan angka perkiraan itu dikarenakan oleh penggunaan skenario-skenario berbeda mengenai emisi gas-gas rumah kaca di masa mendatang, serta model-model sensitivitas iklim yang berbeda. Walaupun sebagian besar penelitian terfokus pada periode hingga 2100, pemanasan dan kenaikan muka air laut diperkirakan akan terus berlanjut selama lebih dari seribu tahun walaupun tingkat emisi gas rumah kaca telah stabil.[1] Ini mencerminkan besarnya kapasitas panas dari lautan.

Meningkatnya suhu global diperkirakan akan menyebabkan perubahan-perubahan yang lain seperti naiknya permukaan air laut, meningkatnya intensitas fenomena cuaca yang ekstrim,[2] serta perubahan jumlah dan pola presipitasi. Akibat-akibat pemanasan global yang lain adalah terpengaruhnya hasil pertanian, hilangnya gletser, dan punahnya berbagai jenis hewan.

Beberapa hal-hal yang masih diragukan para ilmuan adalah mengenai jumlah pemanasan yang diperkirakan akan terjadi di masa depan, dan bagaimana pemanasan serta perubahan-perubahan yang terjadi tersebut akan bervariasi dari satu daerah ke daerah yang lain. Hingga saat ini masih terjadi perdebatan politik dan publik di dunia mengenai apa, jika ada, tindakan yang harus dilakukan untuk mengurangi atau membalikkan pemanasan lebih lanjut atau untuk beradaptasi terhadap konsekwensi-konsekwensi yang ada. Sebagian besar pemerintahan negara-negara di dunia telah menandatangani dan meratifikasi Protokol Kyoto, yang mengarah pada pengurangan emisi gas-gas rumah kaca.

  • Menurunkan Daya Ingat

images1Pemerintah DKI Jakarta menetapkan peraturan daerah (PERATURAN DAERAH PROVINSI DKI JAKARTA NO. 2 TAHUN 2005 TENTANG PENGENDALIAN  PENCEMARAN UDARA), bahwa setiap kendaraan wajib memenuhi ambang batas emisi gas buang kendaraan bermotor. Untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta yang merupakan salah satu penyumbang CO2 terbesar di Indonesia.

Menurut penelitian, terlalu sering menghirup udara kotor dapat menurunkan daya ingat seseorang. Maka dari itu, masyarakat Jakarta banyak yang malas berfikir dikarenakan terlalu banyak menghirup udara kotor. Misalnya; =>mereka hanya memikirkan bagaimana mendapatkan uang secara cepat, tidak mempedulikan kesehatan orang lain. =>tidak mau tahu jika membuang sampah sembarangan dapat  menenggelamkan kota, dsb.

  • Gangguan Pernafasan

adenokarsinoma1

Pernafasan jadi terganggu akibat menghirup udara kotor. Misalnya; sesak nafas, terkena asma. Jika berkelanjutan, dapat menyebabkan kanker paru-paru.

Entry filed under: Menjaga lingkungan. Tags: .

Tips Menghilangkan Bau Pada Kaki

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

November 2008
M T W T F S S
    Dec »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Recent Comments

There are no public comments available to display.

Anda Pengunjung Ke:



Free web hostingWeb hosting
Free Web Hosting with Website Builder

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: